-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara Backup aplikasi dan data di Android menggunakan Titanium Backup


Aplikasi yang terpasang pada perangkat Android dapat dipastikan ada beberapa yang penting, entah itu sisi aplikasi atau data dari aplikasi tersebut. Seperti yang para pengguna ponsel Android ketahui aplikasi Android bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya lewat Google Play Store. Mungkin jika data dari aplikasi tersebut tidak begitulah penting bisa dengan mengunduh ulang dari Play Store.
Di Google Play Store sendiri Titanium Backup tersedia 2 pilihan, Titanium Backup biasa (gratis) dan Titanum Backup Pro (berbayar).

Backup aplikasi disini bertujuan untuk mengamankan aplikai dan bisa juga beserta data dari aplikasi tersebut tercadangkan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Apabila aplikasi telah ter-backup pengguna juga bisa mengembalikan aplikasi tersebut dengan cara me-restore-nya.

Pada tutorial ini kita akan menggunakan Titanium Backup Pro yang dimana akan lebih banyak fitur yang diberikan. Sebelumnya pastikan ponsel kalian sudah dalam keadaan root. Jika belum, bisa dengan mencari tutorialnya di web ini atau di sumber lain.

Langkah 1 – Download dulu Titanium Backup (gratis) atau ingin upgrade ke Titanium Backup Pro (berbayar).

Langkah 2 – Buka Titanium Backup. Jika ponsel sudah keadaan root akan ada tanda centang warna hijau di “Root access”.


Langkah 3 – Pindah ke tab Backup/Restore (lihat gambar dibawah). Pilih “Click to edit filters” (untuk membatasi aplikasi yang tampil, disini kita akan menyembunyikan aplikai sistem). Pada “Filter by type”, hilangkan centang pada “System”.


Langkah 4 – Pilih tanda centang hijau di pojok kanan atas. Lihat apa yang berubah? Hanya aplikai yang kita install saja yang tampil.

Langkah 5 – Pilih aplikasi yang akan kita backup. Kemudian akan muncul cendela seperti gambar di bawah.


Langkah 6 – Pilih “Backup !” dan otomatis aplikai yang dipilih tadi akan ter-backup.

Langkah 7 – Untuk mengembalikan/restore pilih “Restore”. Ada 3 pilihan, Data only berati hanya mengembalikan data dari aplikasi tersebut misal aplikasi whatsapp akan mengembalikan chat dll, App only berati hanya file apk yang telah terinstall tidak beserta datanya dan satu lagi App+data yang menggabungkan dari kedua pilihan tadi.


Jika kalian menggunakan Titanium Backup Pro maka akan mendapatkan fitur tambahan yang membuat ponsel tetap dalam keadaan aman yaitu menggunakan penjadwalan backup. Di sisi kanan tab “Backup/Restore” terlihat tab “Schedules” yang bisa kalian aktifkan dan atur waktunya sendiri.

Selain itu pada fitur berbayar Titanium Backup Pro juga diberikan kemudahan saat backup dan restore. Yaitu tinggal sekali klik semua aplikasi akan melakukan backup atau restore dengan sendirinya dengan fitur HyperShell dan Fast/Auto app install yang bisa kalian temukan di menu batch actions.


sumber: Android Gila

Previous
Next Post »