-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara Backup & Restore melalui CWM Recovery


Backup ini bersifat wajib karena untuk jaga-jaga ketika ponselmu memiliki masalah tertentu setelah mengedit sesuatu di sistem dan mengalami masalah dan harapan salah satunya ialah restore dari file backupan yang telah dibuat. Dengan memiliki file backup original ponselmu, kamu tidak perlu lagi bingung jika ingin mengembalikan ponsel dalam keadaan pabrik, jadi hal ini sama saja dengan flash lewat komputer hanya saja lebih mudah.

Kegunaan file backup ini tidak dikhususkan bagi pengguna Android yang senang mengedit sistem atau memasang custom ROM baru, namun kegunaannya untuk semua ponsel Android yang sudah berstatus ROOT. Contohnya jika saja ponselmu mengalami bootloop karena kesalahan edit sesuatu di sistem, kamu cukup me-restore backupan yang kamu buat sejak lampau. Saya sendiri sudah memiliki beberapa backupan dari beberapa custom ROM yang Saya coba untuk jaga-jaga saja ketika ponsel memiliki masalah pada fungsional. Berikut ini tata cara backup dan restore melalui Clock Work Mod (CWM) Recovery silahkan lihat dibawah ini.

Cara Backup :

1. Pastikan Perangkat ( Tab/ Smatphone sobat sudah terinstall CWM, dan Pastikan baterai di perangkat  terisi penuh atau minimal 50% agar tidak matot padasaat sementara backup

2. memory di perangkat masih memiliki cukup ruang untuk menyimpan file backup ( ukuran setiap ROM berbeda ) dan direcomendasikan untuk memindahkan file hasil backupan ke PC untuk jaga2.

3. Langkah selanjutnya sobat masuk ke CWM dengan cara tekan beberapa detik tombol ( POWER + VOLUME ATAS ) sampai logo galaxy tab 2.7 muncul, kemudian lepas tombol POWER sedangkan tombol VOLUME ATAS masih tetep ditekan sampai masuk ke CWM.
Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menavigasi sedangkan tombol power untuk konfirm(OK)

4. Jika sudah masuk ke CWM pilih backup and restore kemudian pilih backup dan tunggu sampai prosesnya selesai. Ini memerlukan waktu beberapa saat jadi sobat bisa ngopi dulu sambil menunggu backupan selesai.

5. Jika proses backup sudah selesai kemudian pilih "Reboot System Now" untuk merestart perangkat.

6. Untuk melihat file hasil backupan sobat cari pada file manager di perangkat.
biasanya file hasil backupan tersebut berada disdCard/clockworkmod/backup. "Saran sebaiknya pindahkan file tersebut ke Komputer agar aman dan untuk menghemat ruang di memory, tetapi sebelumnya mesti dikompress terlebih dahulu menggunakan 7zip atau winrar. karena kadang antivirus selalu memunculkan popUp peringatan jika file hasil backupan tersebut belum dikompress atau bisa rusak oleh virus.


Cara Restore :

1. Kembalikan file hasil backupan yang dipindahkan ke komputer tadi dengan meng ekstract kefolder semula ke "disdCard/clockworkmod/backup". atau kalau filenya masih di bacup di perangkat langsung saja ke TKP, kemudian lanjut ke step berikutnya

2. Sobat masuk ke CWM (lihat point no 3), kemudian pilih backup and restore , lalu pilih restore.

3. Tunggu sampai proses restore selesai.
kemudian restart sistem..apabila berhasil maka sistem akan kembali seperti semula


Mudah sekali bukan ? Kamu dapat membackup secara berkala setiap kamu sesudah mengedt sistem dengan sempurna. Beberapa kendala ketika restore ialah terdapat teks Md5 Mismatch, hal ini dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menghapus file nandroid.md5 pada folder /clockworkmod/tanggal backupan/ dan mengganti file nandroid.md5 dengan teks kosongan, dan coba untuk restore sekali lagi pasti dapat berjalan dengan sempurna. Jika kamu mengalami backup yang sangat lama, hal tersebut dikarenakan aplikasi yang banyak telah terinstall, dan ada baiknya hapus dulu yang sekranya kurang penting, sebab beberapa aplikasi menyimpan data yang luar biasa besarnya dan hal tersebut yang bisa membuat proses backup berlangsung lama.

Previous
Next Post »