-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara menambah RAM di ponsel android


Kali ini kita akan membahas tips mudah untuk menambah RAM di ponsel android. Tentu bagi sebagian pengguna yang memiliki ponsel android dengan ram yang terbatas, misal 512Mb pasti pernah mengalami kondisi ponsel menjadi berat dan kadang aplikasi suka berhenti atau bahkan aplikasi mati atau keluar sendiri. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena RAM (Random Acces Memory atau RAM) tidak kuat bekerja dengan baik. untuk itu, semakin besar kapasitas RAM akan semakin baik kinerja smartphone. lalu bagaimana dengan RAM yang memiliki kapasitas terbatas?
Ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki performa android kita.

    Sebelum masuk pada bahasan tips, admin akan membahas sedikit. Secara teknis smartphone manapun dengan sistem operasi yang bagaimanapun, bukanlah PC Desktop atau laptop yang bisa bongkar pasang alat ( downgrade atau upgrade) spesifikasi dengan mudahnya. Sehingga untuk kapasitas RAM pada ponsel android, anda tidak akan pernah bisa mengganti RAM, menambah RAM atau mengubah RAM. Jadi jika RAM anda berukuran 512MB, anda tidak dapat membongkar gadget anda dan mengganti RAM untuk menambahnya menjadi 3GB.
    Pihak vendor ponsel tentu sudah menghitung dengan seksama performa pada ponsel pintar keluarannya, apakah itu berRAM kecil ataupun besar. Namun bagi kamu pengguna android yang sudah terlanjur membeli android dengan ram kecil tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperbesar kinerja RAM pada ponsel.
    Bisa melalui metode Swap File, Swap Partition atau ZRAM. Fungsi dari virtual memory ini adalah sebagai RAM pendamping yang akan membantu kinerja internal RAM. Salah satu contoh menambah RAM pendamping adalah dengan melakukan Swap File, yakni menggunakan sisa free storage sebagai RAM tambahan untuk meningkatkan kinerja. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk fungsi ini, misalnya dengan menggunakan Swapper for Root atau RAM Manager Pro.



    Berikut adalah contoh penggunaan Swapper for Root :
    • Pertama, perangkat android anda harus sudah dalam kondisi rooted. Jika belum diroot saya sarankan untuk membaca Tutorial Cara Root Android dengan Framaroot Apk berikut ini.
    • Download aplikasi Swapper for Root lalu install ke perangkat anda. Jika belum terinstal Swapper for Root silahkan untuk instal dulu.
    • Buka Swapper for Root.
    • Pilih Active Swap on Boot.
    • Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
    • Isi dengan jumlah kapasitas Swap yang anda inginkan, besarnya kapasitas Swap File tergantung dari sisa free space memory eksternal atau sisa kapasitas SDcard anda.
    • Save
    • Tunggu hingga Swap File selesai dibuat.
    • Reboot perangkat Android anda.
    Yang harus diingat adalah apapun metode yang anda pakai untuk melakukan penambahan RAM ini, cara tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi. Penggunaan virtual memory dengan memanfaatkan sisa free storage SDCard di atas misalnya, dapat mengurangi usia SDcard karena penggunaan terus menerus.
    Bagaimana dengan cara yang lain? Jika Swap File memanfaatkan memory SD Card maka ZRAM memanfaatkan memory internal alias sisa internal storage anda. Cara ini juga beresiko karena anda tidak akan mendapatkan sisa ruang lega lagi. Saran kami, lakukanlah hal ini jika anda benar-benar terpaksa dengan kapasitas RAM anda yang amat sangat terbatas.
    Itu tadi adalah salah satu tips Cara Menambah RAM Di Ponsel Android

    Previous
    Next Post »