-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara membedakan Charger smartphone Asli dan Palsu



Bagi anda pengguna smartphone baik itu berplatform Android, IOS, maupun Windows Phone pasti pernah yang namanya merasakan Charger ori rusak. Apa lagi kalau anda yang menggunakan smartphone yang sudah beberapa tahun, saya jamin charger ori pasti sudah rusak. Kebanyakan dari kita pengguna smartphone apabila charger ori mengalami kerusakan, banyak dari kita mengatasi masalah ini dengan membeli charger KW atau charger palsu. Disamping karena harga charger KW lebih murah dibandingkan harga charger ori yang mahal, namun juga karena charger KW mudah ditemukan di pasaran. Tapi beberapa pengguna smartphone atau gadget juga ada yang lebih memilih charger asli daripada charger palsu, alasannya yaitu karena charger asli lebih tahan lama ketimbang charger palsu / KW. Walaupun rela mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli charger ori, tapi kenyataannya memang charger ori memiliki ketahanan yang lama dan juga aman digunakan pada smartphone anda. Jika anda lebih memilih membeli charger palsu, maka anda juga harus menerima resikonya, seperti hp anda bisa rusak, port charger yang rusak, bahkan bisa merusak batrei hp anda.

Lalu bagaimana cara membedakan charger asli dan palsu? Sedangkan bentuk dan tampilannya sangat mirip dengan barang yang asli. Simak info berikut ini mengenai cara membedakan charger asli dan palsu yang harus Anda ketahui. Disini saya menggunakan contoh charger samsung, karena memang charger palsu yang banyak beredar dipasaran itu charger samsung.

Tips membedakan charger smartphone ori dengan charger KW :

1. Perhatikan logo yang ada pada kepala charger



Pertama yang harus diperhatikan dalam membedakan charger smartphone ori dengan charger KW yaitu dengan memperhatikan logo yang terdapat pada kepala charger, logo pada charger asli cenderung blur (tidak terlihat jelas), namun sebaliknya pada charger kw logonya cenderung sangat jelas terlihat.


2. Perhatikan tulisan pada samping charger


Anda bisa bedakan charger ori dengan charger KW seperti kasus diatas, lebih jelasnya bisa perhatikan gambar dibawah ini


3. Bentuk kepala charger


Untuk cara selanjutnya kita dapat membedakan mana charger ori dan mana charger palsu, kita perhatikan pada bentuk kepala charger. Perhatikan dengan cermat pada lubang port USB, port USB yang ada pada charger ori lebih mulus di setiap lekukan yang terdapat pada port USB nya. Namun pada port USB charger palsu terkesan kurang rapi bentuknya.


4. Kaki colokan charger



Charger asli mempunyai bagian yang menonjol pada kedua kaki colokannya, namun pada charger KW tidak terdapat bagian menonjol pada kaki colokannya. Bisa kalian perhatikan dengan seksama pada gambar dibawah.


5. Logo USB pada charger


Hal yang perlu kita cermati selanjutnya dalam membedakan charger smartphone ori dengan charger KW adalah logo USB pada charger. Logo USB pada charger samsung asli mempunyai warna yang terkesan blur seperti kasus pertama, sedangkan pada charger palsu biasanya terlihat berwarna sangat jelas.


6. Perhatikan Bentuk port USB


Cara membedakan charger smartphone ori dengan charger KW yang terakhir yaitu dengan memperhatikan bentuk port USB pada ujung charger. Charger ori mempunyai bentuk port USB yang lebih pendek dari pada charger KW. Cara ini juga dapat anda lakukan dengan cara memasang port USB ke smartphone anda, port USB charger ori akan pas saat dimasukan ke hp anda, namun berbeda dengan charger KW. Biasanya charger KW apabila port USB dimasukkan ke hp anda pasti ada bagian yang kelebihan dari port USB nya.


Itulah beberapa tips membedakan charger smartphone ori dengan charger KW yang bisa saya bagi, jadi masih mau beli charger KW ? sudah tahu resikonya kan kalau menggukanan charger KW ? kalau sudah tahu resikonya seperti itu, ayo jangan beli lagi charger KW / palsu, selain bisa merugikan kita sebagai user smartphone, juga bisa merugikan brand smartphone yang kita pakai juga.

Previous
Next Post »