-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara Memperbaiki baterai Android yang tidak bisa di Charge



Baterai merupakan sumber daya utama pada kebanyakan perangkat elektronik portable seperti smartphone. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak begitu paham bagaimana merawat baterai smartphone mereka agar dapat bertahan lama.

Sering kali kita mengalami darurat listrik ketika sedang tidak dirumah. Biasanya yang menjadi korban yakni smartphone karena rata-rata smartphone memiliki kapasitas baterai yang minim berkisar antara 2000 mAh sampai 3000 mAh saja dan jika tidak ada listrik dimana-mana maka mau tak mau harus rela dimatikan. Syukur-syukur kalau ada powerbank. Kalau enggak?
Mengisi daya baterai alangkah baiknya jika menggunakan charger original, bukan dari charger merk lain atau malah charger car. Penggunaan powerbank sebenarnya juga dapat merusak baterai smartphone karena powerbank kebanyakan dibuat oleh vendor pihak ketiga. Efeknya, powerbank yang kurang berkualitas akan mengeluarkan tegangan yang tidak sesuai dengan standard smartphone itu sendiri dan dapat mengakibatkan kerusakan pada element baterai.

Sebisa mungkin baterai smartphone jangan sampai kosong karena dalam kondisi tertentu sel-sel yang terdapat didalamnya dapat terganggu. Hal ini biasanya akan menimbulkan masalah seperti baterai tidak dapat di charge, padahal tidak sepenuhnya rusak. Ibarat memancing ikan, ikan yang akan kita pancing berada di laut yang sangat dalam hingga umpan yang kita masukkan tidak dapat menjangkaunya.

Bagi Anda yang sering memakai smartphone Android tiada henti hingga baterainya berada di posisi nol, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut karena akibatnya bisa fatal. Dan, jika Anda sudah mengalami sendiri baterai smartphone Anda tidak dapat di isi akibat kehabisan baterai, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulihkan baterai itu.

  • Umumnya jika Anda mengalami hal diatas, smartphone seolah-olah seperti mati suri. Tidak ada yang bisa Anda lakukan sekalipun Anda melakukan pengisian selama berjam-jam
  • Solusinya, gunakan charger desktop
  • Charger desktop tidak seperti charger original pada umumnya, charger ini langsung menghantarkan listrik bertegangan tinggi ke baterai Anda
  • Sesuai ungkapan memancing ikan diatas, dengan menggunakan charger desktop maka seolah-olah Anda memiliki pancing yang dapat menjangkau posisi ikan di laut dalam
  • Charger baterai Anda yang habis beberapa menit menggunakan charger desktop, kemudian pasang kembali ke smartphone Anda



Sumber : KabarAndroid

Previous
Next Post »