-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cek Kesehatan Jantung Anda menggunakan 5 Aplikasi Android ini


Masalah kesehatan jantung tidak boleh disepelekan. Saya juga termasuk yang awalnya cuek-cuek saja dengan kesehatan jantung. Akan tetapi, dengan lebih rutin membaca dan browsing tentang kesehatan jantung, saya menjadi lebih serius lagi untuk menjaga kesehatan jantung saya. Sekarang, di era smartphone dan tablet, sudah mulai bermunculan aplikasi yang bisa membantu mendeteksi kesehatan jantung.


Munculnya berbagai aplikasi ini tentunya sangat membantu Anda dan saya untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan jantung. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut uraiannya.

1. Instant Heart Rate

Download Instant Heart Rate


Instant Heart Rate menjadi aplikasi pendeteksi kesehatan jantung pertama yang saya rekomendasikan. Pertama karena aplikasi ini memiliki rating yang baik, kedua dilihat dari review porsitifnya, dan ketiga dari kualitas aplikasinya.

Instant Heart Rate merupakan sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi detak jantung Anda dengan cara yang mudah. Cukup instal aplikasi ini kemudian jalankan. Cara mengukur detak jantung Anda adalah dengan menempatkan jari telunjuk Anda pada kamera semartphone atau tablet. Setelah itu, perhitungan detak jantung Anda akan segera keluar. Anda pun bisa mengecek kecepatan detak jantung Anda apakah rendah, normal, atau tinggi.

Aplikasi ini termasuk jenis aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat dengan segala jenis versi android. Hanya saja, aplikasi ini akan berjalan dengan sangat baik pada perangkat yang dilengkapi juga dengan lampu flash,s edangkan untuk perangkat yang tidak memiliki lampu flash, harus digunakan pada ruangan dengan pencahayaan yang baik.


2. Cardiograph

Download Cardiograph


Satu lagi aplikasi pendeteksi kesehatan jantung yang saya rekomendasikan, yaitu Cardiograph. Aplikasi ini memiliki tampilan dan desain yang menarik. Cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi pendeteksi kesehatan jantung lainnya, hanya saja, Cardiograph memiliki kelebihan lainnya.

Aplikasi pendeteksi jantung ini memiliki fitur “Mulitiple Profiles” yang memungkinkan banyak pengguna pada satu aplikasi. Anda dan seluruh anggota keluarga bisa memiliki profil sendiri sehingga riwayat hasil deteksi kesehatan jantung masing-masing anggota keluarga mudah untuk dicari dan tidak tertukar.

Cardiograph juga membutuhkan perangkat yang memiliki built-in camera flash untuk hasil yang optimal. Jika perangkat Anda tidak memilikinya, sebaiknya gunakan aplikasi ini pada ruangan dengan penerangan yang baik.


3. Runtastic Heart Rate Monitor

Download Runtastic Heart Rate Monitor


Mengetahui kecepatan detak jantung dengan aplikasi satu ini akan sangat menyenangkan. Ya, Runtastic Heart Rate Monitor mudah untuk digunakan dan memiliki desain aplikasi yang menarik dan unik. Fitur-fitur menarik di dalamnya juga menjadi salah satu hal yang membuat saya merekomendasikan aplikasi ini.

Anda bisa mengukur detak jantung Anda baik pada saat normal, sebelum olahraga, atau sesuadah olahraga. Bahkan Anda bisa mengecek bagaimana kondisi detak jantung Anda pada saat sakit atau stres dan Anda bisa menilai kondisi kesehatan jantung Anda.

Anda juga bisa mengunggah hasil deteksi kesehatan jantung Anda ke Runtastic.com dan bisa menganalisis serta membandingkan hasil deteksi jantung Anda mulai dari mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Anda juga bisa share hasil deteksi jantung Anda pada berbagai media sosial.

Seperti dua aplikasi sejenis di atas, aplikasi ini bekerja optimal pada perangkat yang dilengkapi dengan lampu flash. Bila tidak, gunakan pada ruangan dengan cahaya yang bagus atau pada siang hari.


4. Heart Rate Monitor

Download Heart Rate Monitor


Aplikasi keempat adalah Heart Rate Monitor. Menurut saya, cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Heart Rate Monitor ini akan mengkur detak jantung Anda dengan mengecek laju darah pada jari telunjuk Anda.

Cara penggunaannya mudah, cukup tempelkan jari telunjuk pada kamera perangkat, dan klik tombol START. Kemudian tunggu sampai prosesnya selesai dan jaga agar perangkat Anda tetap dalam keadaan statis.

Aplikasi ini tetap bisa digunakan pada perangkat yang tidak memiliki kamera utama di belakang tetapi memiliki kamera depan. Kamera depan ini tetap bisa digunakan sebagai monitor tempat jari telunjuk ditempatkan. Pencahayaan yang baik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik jika kamera Anda tidak dilengkapi dengan lampu flash.


5. Heart Rate Plus                    

Download Heart Rate Plus


Heart Rate Plus merupakan aplikasi pendeteksi kesehatan jantung terakhir yang saya rekomendasikan. Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah Android Wear Support, bisa mengekspor hasil dari deteksi jantung Anda pada CSV file, memiliki reminder yang bisa mengingtkan Anda untuk melakukan deteksi jantung setiap harinya, dan masih banyak lagi.

Cara penggunaannya sama dengan aplikasi sebelumnya. Simpan jari telunjuk pada kamera dan lampu flash, tahan selama lima detik untuk mengetahui hasil detak jantung Anda. Tetapi jika ingin hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menahan jari Anda selama 10 detik.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi pendeteksi jantung lainnya yang bisa Anda pilih. Dalam hal ini saya merekomendasikan kelima aplikasi di atas yang mungkin bisa memberikan layanan terbaiknya untuk Anda. Semoga informasi tentang aplikasi pendeteksi kesehatan jantung ini bermanfaat untuk Anda semua.

Previous
Next Post »