-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara Mendeteksi Detak Jantung Menggunakan Android


Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu, aktivitas sehari-hari pun tidak bisa dilakukan seperti biasa. Mengingat pentingnya fungsi jantung, maka memeriksa detak jantung untuk memantau kesehatan jantung sangatlah penting.

Bisa saja kamu melakukan check up ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan jantung. Tapi, kadang terkendala masalah waktu atau kondisi keuangan. Maka dari itu, kita akan membagikan 2 cara untuk memantau detak jantung menggunakan Android kamu.


Jika kamu menggunakan smartphone premium seperti Samsung Galaxy S6 atau iPhone 6 yang telah dibekali sensor denyut jantung, kamu bisa dengan mudah memantau detak jantung kamu. Tapi bagaimana dengan smartphone Android biasa saja yang spesifikasinya pas-pasan?
Tenang, kamu juga bisa kok. Langsung simak aja yuk...

2 Cara Memeriksa Detak Jantung Menggunakan Android :


1. Periksa Detak Jantung Dengan LED Flash Android

Tanpa harus menggunakan smartphone mahal yang dilengkapi sensor denyut jantung, kamu bisa memanfaatkan LED flash Android untuk memantau detak jantung kamu loh! Gimana caranya? Dengan memanfaatkan perubahan warna dan kecepatan aliran darah, Android kamu akan melakukan kalkulasi untuk menghitung detak jantung kamu. Untuk menggunakan fitur ini, kamu dapat menginstal Instant Heart Rate Monitor.


Download Instant Heart Rate Monitor


Bagaimana cara menggunakan Instant Heart Rate Monitor untuk memantau detak jantung kamu? Berikut cara menghitung detak jantung menggunakan Android dengan aplikasi Instant Heart Rate Monitor:
  • Tempelkan jari kamu pada permukaan kamera belakang hingga menutupi LED Flash. Jangan menempelkan (menekan) terlalu kencang, karena akan menggangu aliran darah kamu. Tekan sewajarnya saja.
  • Jalankan aplikasi Instant Heart Rate Monitor, maka secara otomatis LED Flash akan nyala. Tahan selama 10 detik, setelah itu hasil perhitungan detak jantung kamu pun akan keluar.

2. Hitung Detak Jantung Dengan Menekan Layar Smartphone

Familiar dengan teknologi force touch yang dibawa iPhone 6s ? Dengan memanfaatkan tekanan pada layarnya, iPhone 6s bisa mendeteksi perintah khusus. Ternyata, di Android ada aplikasi khusus yang memanfaatkan tekanan pada layar untuk menghitung detak jantung kamu.

Adalah Pulsometer, sebuah aplikasi simulator yang bisa kamu gunakan untuk memantau detak jantung kamu dengan menggunakan tekanan pada layar Android. Perlu diketahui, ini adalah aplikasi simulator, hasilnya tidak seakurat aplikasi Instant Heart Rate Monitor tapi cukup bisa diandalkan. Dan lagi, konsep yang digunakan aplikasi ini pun cukup unik.

Download  Pulsometer


Cara menggunakan Pulsometer di Android untuk mengukur detak jantung kamu:
  • Letakan tangan kiri di dada kamu (pas di posisi jantung), lalu buka aplikasi Pulsometer.
  • Tekan tombol START yang berwarna merah, lalu tunggu 3 detik untuk mulai menghitung detak jantung kamu.


  • Sambil tetap meletakan tangan kiri di dada, tekan tombol yang tersedia di layar setiap kali terasa jantung kamu berdetak. Dalam waktu 15 detik, hasil perhitungan detak jantung kamu akan keluar.


Gimana, keren dan mudah bukan? Tanpa harus memiliki Android mahal atau check up ke rumah sakit, kamu tetap bisa memantau kesehatan jantung kamu. Karena sehat itu mahal, maka selalu pantau terus ya kesehatan jantung kamu!

Previous
Next Post »