-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Smartband yang dilengkapi dengan Heart Monitor


Perangkat wearable device atau yang biasa disebut dengan piranti sandang sudah cukup banyak hadir di pasaran. Fungsinya pun cukup beragam dan sangat membantu pengguna yang membutuhkan data terkait tingkat aktivitas selama melakukan kegiatan outdoor, berolahraga, fitness hingga membantu pengguna dalam memberikan informasi/notifikasi yang muncul pada perangkat smartphone.

Perangkat yang biasanya berbentuk smartband dan jam pintar biasanya juga dikombinasikan dengan fitur penghitung kalori yang terbakar, trainer pribadi, penghitung jarak tempuh, GPS hingga WiFi. Untuk harganya cukup sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Namun diantara wearable device yang tersedia masih sangat sedikit yang memiliki fitur heart rate monitor, dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memonitor detak jantung seseorang secara langsung. Beberapa fungsi Heart monitor sangat dibutuhkan untuk anda yang gemar melakukan aktivitas olahraga secara rutin untuk mengetahui kondisi denyut jantung selama beraktivitas.

Nah, untuk mengetahui informasi yang diinginkan, biasanya vendor pembuat smartband menyediakan aplikasi khusus yang dapat diinstal diperangkat smartphone berbasis iOS ataupun Android. Saat ini ketersediaan smartband yang memiliki fitur heart rate monitor sudah mulai dijajakan dibeberapa e-commerce dengan berbagai penawaran menarik.

5 Smartband yang dilengkapi dengan Heart Monitor 

andropad.com ingin memberikan informasi smartband apa saja yang tersedia di pasaran, yang didukung dengan fitur Heart Rate Monitor. Penasaran, simak ulasannya di bawah ini.

1. Sony SmartBand 2 SWR12 

Smartband besutan sony dengan seri SWR12 ini dilengkapi dengan laser sebagai sensor pemindai detak jantung. Alhasil, perangkat ini mampu memberikan informasi detak jantung selama melakukan aktivitas olahraga. Hadir dengan tampilan yang  trendi, Sony SmartBand 2 SWR12 juga dibekali kemampuan tahan air dan debu berkat dukungan sertifikasi IP68.

Tak hanya hadir dengan fitur heart rate monitor, Sony SmartBand 2 SWR12 juga mampu mendeteksi pola tidur pengguna, tingkat stres, jumlah kalori yang terbakar saat berolahraga hingga memberikan notifikasi pesan, panggilan, email yang masuk dari perangkat smartphone. Untuk memaksimalkan fungsinya, Sony telah menyediakan aplikasi khusus. Uniknya, perangkat ini juga menyediakan Wake Up modus Smart yang cukup membantu untuk membangunkan Anda secara rutin.

2. Garmin Vivosmart Sport Activity Tracker  

Sebagai sebuah gelang, Garmin Vivosmart melakukan berbagai hal khas fitur healthy tracker, mulai dari menampilkan monitor langkah yang diambil, kalori yang terbakar dan tekanan darah. Dan bagi mereka yang ingin memperoleh data yang lebih akurat dan lengkap, Garmin Vivosmart bekerja bersama produk Garmin lainnya seperti monitor denyut jantung atau kecepatan sepeda sensor. Jadi, heart monitornya sebenarnya opsional. Selain menampilkan waktu, smartband ini juga bisa di-pairing dengan smartphone (dipasangkan melalui Bluetooth) dan mendorong realtime notifikasi langsung ke perangkat.
 
Garmin Vivosmart datang dalam varian warna Berry, Biru dan warna Hitam, dilengkapi dengan sebuah band berdisain melengkung dan layar OLED yang hanya menyala ketika pemberitahuan masuk. Meskipun daya tahan baterai dijanjikan sanggup standby satu tahun, namun untuk pemakaian intensif dan pemanfaatan semua fitur, baterai di Garmin Vivosmart sanggup bertahan hingga tujuh hari.

Untuk operasional fitur, pengguna dapat menyapu ke berbagai halaman melalui layar sentuh. Sedangkan untuk mengaktifkan layar, cukup mengetuk (tapping) layar 2 kali.

3. Fitbit Charge HR Large 

Fitbit Charge HR merupakan jam tangan dengan tampian desain modis dan trendi yang dapat membantu Anda dalam memantau atau me-monitoring kondisi kebugaran tubuh Anda. Perangkat ini dapat menghitung langkah, jarak, dan kalori yang terbakar di tubuh Anda pada siang hari. Sedangkan pada malam hari perangkat ini berfungsi untuk mengukur kualitas tidur, sehingga Anda dapat terbangun dengan tenang pada pagi harinya.
 
Fitbit Charge HR memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan dan menggunakan indikator yang tertera pada layar untuk menunjukkan bagaimana kemajuan kesehatan Anda sehari-hari. Selain itu, smartwatch ini juga dilengkapi dengan caller ID, sehingga memudahkan Anda apabila ada panggilan telepon, serta dapat juga disinkronisasikan dengan komputer, smartpone, dan tablet.

Fitbit Charge HR dapat terhubung dengan perangkat smartphone berbasis iOS dan Android melalui koneksi Bluetooth. Fitbit Charge HR kompatibel dengan Bluetooth 4.0 serta terdapat notifikasi pesan baterai yang dapat bertahan hingga 5 hari.

4. Jawbone Up 3 Advance Tracker 

Jawbone UP3 merupakan gelang pintar yang digunakan untuk menemani pengguna dalam berolahraga. Perangkat ini dibekali dengan berbagai sensor yang diantaranya adalah tri-axis accelerometer, sensor bioimpedence yang mampu melacak Resting Heart Rate dan Pasif Heart Rate untuk memberikan gambaran lengkap dari kesehatan jantung Anda, sehingga mengetahui tingkat detak jantung pengguna selama berolahraga hingga aktivitas lainnya.
 
Selain beragam sensor, UP3 juga dibekali fitur pendeteksi tidur yang akan memberikan sugesti kepada penggunanya. Dengan sistem algoritma yang terbaru memungkinkan gelang ini untuk mengetahui identitas secara lebih detil baik ketika bekerja ataupun aktivitas lainnya. Semua informasi dapat diketahui melalui smartphone via aplikasi UP App.

Selain itu, dengan fitur baru yang bernama Smart Coach dapat memberikan arahan kepada penggunanya dalam mengetahui beragam aktivitas.

UP3 hadir dengan balutan material bodi anodized alumunium yang memiliki ketahanan terhadap air hingga kedalaman 10 meter dan perangkat ini diklaim dapat aktif hingga 7 hari.

5. Samsung Gear Fit 2 Large Activity Tracker 

Secara desain, Gear Fit 2 memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dengan gelang pintar pada umumnya. Dilengkapi dengan panel layar lengkung berteknologi AMOLED berukuran 1.5 inci dan memiliki resolusi 216 x 432 piksel. Generasi terbaru gelang pintar Samsung ini kini didukung dengan hardware yang lebih mumpuni serta fitur yang lebih baik dibanding pendahulunya.
 
Gear Fit 2 mempercayakan Tizen sebagai sistem operasi utamanya. Perangkat ini hadir dengan dukungan RAM 512MB, memory internal 4GB, baterai 200 mah serta beragam sensor seperti gyroscope, accelerometer, barometer dan heart-rate monitor (pengukur detak jantung).

Berbekal koneksi Bluetooth yang tertanam perangkat ini dapat terhubung dengan smartphone berbasis Android dan dapat menampilkan beragam notifikasi penting seperti panggilan masuk, pesan masuk, serta notifikasi aplikasi. Menariknya lagi, anda bisa menggunakan Gear Fit 2 sebagai perangkat musik.

Gelang pintar besutan Samsung ini, dapat mendeteksi secara langsung aktifitas pengguna mulai dari berjalan, berlari hingga bersepeda. Canggihnya lagi, perangkat ini telah mendapatkan sertifikat IP68.

Previous
Next Post »