-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara mengatasi Android Lemot


Android lemot pastinya bikin kesal dan sakit hati . Masalah ini kerap dihadapi para pengguna Android. Apalagi pada saat dibutuhkan smartphone tiba-tiba saja lemot, ini yang membuat semua urusan bisa berantakan.

Android lemot bisa terjadi karena aplikasi yang ditanamkan pada gadget Android sudah berlebihan. Anda menjalankan terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone Android.
Anda perlu bijak dalam memilih aplikasi yang akan dipasang dan dijalankan secara bersamaan, demi mengindari Android lemot.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari masalah tersebut:

Pertama, Reset Data Factory
Langkah ini sebaiknya Anda lakukan untuk mengembalikan Android dalam kondisi lebih “fresh” dan kembali pada setelan awal. Karena bisa jadi gadget Android Anda terlampau banyak menginstall aplikasi yang sebenarnya Anda jarang pakai juga.

Kedua, Update aplikasi terbaru
Biasanya update sebuah aplikasi akan memecahkan problem dalam aplikasi itu sendiri. Update dilakukan untuk mengatasi problem pada aplikasi seperti : lambat, atau sering error.

Ketiga, Non-aktifkan aplikasi pada sistem
Minimnya Random Acces Memory (RAM) berakibat Android lemot. Maka sebaiknya, aplikasi yang berjalan dan memakan alokasi RAM kita matikan saja. Untuk mematikan, masuk ke menu “Setting” > “Apps / Aplication Manager” geser ke All tab, dan pilih aplikasi yang hendak di-non aktifkan.

Keempat,  Pasang aplikasi yang memungkinkan anda bisa memilih “hibernasi” / mematikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Cara ini efektif untuk menghemat batere smartphone Android, sehingga tahan lama. anda bisa browsing di google untuk mencari aplikasi ini, misalnya aplikasi Greenify.

Previous
Next Post »