-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

Cara mengubah tampilan Keyboard Android dengan Foto Pribadi


Android memang platform yang memberi keleluasaan penuh pada penggunanya untuk memodifikasi dan juga mengoptimalkan androidnya, mulai dari segi tampilan sampai segi performa. Salah satu yang menunjang tampilan adalah dengan mengubah background keyboard agar tampak lebih menyenangkan.

Memang tampilan keyboard AOSP atau keyboard bawaan android hanya itu – itu saja dan tidak ada pilihan lain. Karena itu mulai banyak bermunculan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan gambar keyboard android sehingga akan menjadi lebih lucu dan dapat diatur sesuka hati. Aplikasi – aplikasi kustomisasi keyboard tersebut banyak yang gratis, namun ada juga yang berbayar.

Untuk mendownload aplikasi tersebut cukup sedikit berselancar di google play dan install aplikasi yang diinginkan. Dari banyaknya fitur yang disediakan oleh keyboard pihak ketiga, yang cukup menarik adalah kamu dapat menyisipkan atau menjadikan foto kamu menjadi background dari keyboard android. Nah dibawah ini langkah demi langkah cara mengubah tampilan keyboard android dengan foto pribadi didalamnya.


  1. Pastikan smartphonemu berplatform android, dan sisakan ruangan pada memori smartphonemu sebesar 45 MB dengan perkiraaan 17 MB untuk download, dan sisanya untuk proses penginstalan.
  2. Buka Play Store, kemudian ketikkan pada kotak pencarian My Photo Keyboard.
    atau bisa langsung download disini :

    My Photo Keyboard

  3. Setelah muncul daftarnya, klik pada aplikasi yang mempunyai gambar keyboard dengan foto cewek sebagai backgoundnya.
  4. Kemudian klik install dan tunggu sampai aplikasi selesai didownload dan diinstal oleh play store.
  5. Setelah selesai menginstal, keluar dari google play agar RAM mu tidak habis karena aplikasi terus berjalan.
  6. Klik aplikasi My Photo Keyboard.
  7. Setelah masuk pada aplikasi, klik enable keyboard
  8. Nanti kamu akan diminta untuk memilih salah satu keyboard saja oleh system android, pilih My Photo Keyboard. Maka otomatis aplikasi keyboard AOSP dari android akan digantikan keyboard dari My Photo Keyboard.
  9. Setelah pengaturan keyboard pada Settings android selesai, kembali lagi ke aplikasi My Photo Keyboard.
  10. Lalu mulai memasang fotomu kedalam keyboard dengan cara klik change image dan klik lagi choose my photo.
  11. Pilih foto yang ingin kamu gunakan sebagai background dari keyboard.
  12. Apabila kamu sudah selesai memilih salah satu foto, kemudian klik centang yang ada pada bagian kanan atas dari aplikasi.
  13. Selanjutnya atur tampilan foto kamu yang akan tampil pada keyboard, dalam bentuk portrait atau bentuk landscape.
  14. Sudah selesai mengatur, segera klik save dan foto kamu sudah terpampang pada keyboard android.


Penjelasan di atas memang cukup panjang, namun jika kamu sudah berhadapan dengan aplikasi yang sebenarnya maka akan terlihat sangat mudah sekali karena menu yang tidak banyak dan mudah dicari. Dengan cara di atas, maka tampilan keyboard kamu akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan lagi. Apalagi jika gambar yang dipakai adalah gambar seseorang yang menjadi penyemangat hidupmu.

Yang perlu diperhatikan adalah pengaturan default keyboard yang dipakai pada android dan juga ukuran gambar yang akan kamu gunakan sebagai background. Ketika kamu masuk menu settings dari android, maka kamu akan menemukan bahasa dan input, klik dan kamu akan menemukan keyboard dan input.

Di situ kamu harus mengatur keyboard mana yang akan kamu pakai untuk android kamu. Sedangkan untuk foto, cukup pakai foto dengan resolusi yang jelas dan cukup besar dengan bentuk landscape akan lebih baik. Hal itu akan memudahkan kamu mengatur posisi foto pada keyboard.

Previous
Next Post »