-->

Blog yang berisi Tutorial, Tips & Triks, serta hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan gadget dan teknologi informatika.

5 Faktor ini Lebih Menentukan Kualitas Foto, Bukan Megapiksel !


Seiring berkembangnya tren teknologi mobile first, banyak teknologi lain yang mulai diadaptasikan dalam sebuah smartphone, salah satunya adalah kamera. Apa kamu termasuk orang yang suka mengabadikan foto dengan smartphone untuk kemudian di-upload ke Instagram atau media sosial lainnya?

Jika iya, pasti kamu pernah memperhitungkan besarnya megapiksel kamera dari suatu smartphone. Tapi tahukah kamu bahwa besarnya megapiksel pada kamera itu bukan segalanya dalam menentukan kualitas foto?

5 Hal yang Menentukan Kualitas Foto
Untuk kamu yang eksis dimedia sosial, pasti sangat puas jika foto yang kamu bagikan di Instagram banyak disukai orang. Agar foto yang akan kamu bagikan memiliki hasil yang bagus, penting untuk mempertimbangkan 5 hal berikut ini saat akan memilih smartphone.


1. Resolusi (Megapiksel)


Promosi yang dilakukan oleh suatu vendor benar-benar berhasil berkaitan dengan yang satu ini. Banyak orang yang percaya bahwa semakin besar resolusi suatu kamera, hasil fotonya akan semakin bagus. Padahal sebenarnya megapiksel hanyalah kumpulan piksel yang mampu ditampilkan kamera smartphone. Semakin besar ukuran megapiksel suatu kamera, akan semakin besar pula ukuran foto itu bisa dicetak. Namun pada kualitas foto, resolusi kamera hanyalah sebuah angka.


2. Sensor


Sensor yang dibawa oleh kamera smartphone memiliki peran yang lebih penting dibandingkan besarnya megapiksel. Semua megapiksel diharuskan masuk ke dalam sensor, maka jika ukuran sensornya kecil, harus kecil pula megapiksel yang dibawanya. Jika megapiksel kamera yang dibawa tidak sesuai dengan ukuran sensornya, maka foto yang dihasilkan akan penuh dengan gradasi atau noise. Sebagai contoh, kamera smartphone dengan resolusi 12MP, hasilnya bisa lebih bagus daripada kamera dengan resolusi 20MP jika ternyata menggunakan ukuran sensor yang sama.


3. Lensa (Aperture)


Untuk meningkatkan eksistensi kamu di media sosial, wajib banget menghasilkan foto yang bagus kan? Maka saat membeli smartphone, selalu perhatikan jenis lensa yang dibawanya. Kualitas lensa menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar. Jika kamu adalah orang yang suka mengabadikan gambar di malam hari, maka wajib bagi kamu untuk mengambil smartphone yang memiliki bukaan lensa/aperture besar. Kamera smartphone yang memiliki ukuran f/1.7 mampu menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan f/1.8, sehingga akan membuat pengalaman foto di malam hari semakin memuaskan.


4. Autofocus


Faktor selanjutnya yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone adalah autofocus. Akan terasa percuma memiliki kamera dengan megapiksel yang tinggi jika tidak dibekali autofocus yang baik, apalagi jika tidak dilengkapi autofocus. Kamera yang dibekali autofocus mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dibandingkan kamera yang hanya memiliki teknologi fixed focus. Masih berhubungan dengan autofocus, kamu juga sebaiknya mencari smartphone yang kameranya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto bagus tanpa harus khawatir kamera goyang sehingga menghasilkan gambar buram.


5. Prosesor Pengolah Gambar


Selain hardware, hal terakhir yang menentukan kualitas kamera foto pada smartphone adalah prosesor pengolah gambarnya. Pengolah gambar ini bertugas memproses gambar yang diambil oleh kamera setelah gambar ditangkap. Pada smartphone, pengolah gambar ini bergantung pada jenis chipset serta firmware bawaannya. Selain menghindari terjadinya overheat, chipset Exynos 8890 Octa menjanjikan hasil pengolahan gambar yang lebih tajam dan memuaskan dibanding smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 810.

Besarnya megapiksel pada kamera yang dibawa oleh smartphone memang menjadi ladang promosi yang terlihat seksi. Tapi balik lagi, jika kamu menginginkan pengakuan yang baik di lingkungan sosial, sebaiknya pilih smartphone yang dibekali kamera dengan lensa dan sensor yang baik, autofocus yang cepat dan prosesor pengolah gambar terbaru sehingga menjanjikan hasil foto yang maksimal. Karena besarnya megapiksel pada kamera bukanlah segalanya dalam menentukan kualitas foto.

Previous
Next Post »